Sabtu, 29 Juni 2013

BERBAGAI JAWABAN DARI MASALAH ANDA

Ketika pertama kali memposting tentang cara install game The Sims 3 komplit sampai expantion packnya membuat saya tersenyum sendiri, karena ternyata bukan cuma saya yang mengalami kesulitan. Banyak sekali sahabat - sahabat diluar sana yang "menjerit" tentang susahnya installasi game ini.

Ada pertaaanyaan yang bisa saya jawab tapi ada juga yang tidak bisa kujawab sama sekali, bukan karena saya ngga bisa menjawab tapi diakibatkan oleh bingungnya saya oleh pertanyaan yang saya sendiri tidak mengerti apa yang dimaksudkan. 


Pada kesempatan kali ini saya memposting rangkuman pertanyaan - pertanyaan yang sering ditanyakan beserta dengan jawabannya dan saya harapkan semoga bisa bermanfaat.
TANYA : Mas The Sims 3 saya versinya Reloaded (1.0.615.00107), kalau mau nginstall Expantion Pack apa harus dirubah ke versi Razor (1.0.631.00002) ? 

JAWAB : Harus dan wajib
TANYA : Trus gimana sih caranya merubah versi RELOADED menjadi versi RAZOR
JAWAB :
  • Karna agan punya versi reloaded (versi 1.0.615.00107) berarti tinggal di rubah ke versi final (versi 1.0.631.00002), tapi untuk lebih memastikan langkah2 tepat, lebih baik agan uninstal dulu dan instal ulang, kalo nggak mau juga nggak apa2, resiko tanggung sendiri.
  • Saat menginstal versi reloaded pastikan agan memilih United States of America pada saat muncul pilihan Country and Region Selection, lanjutkan.
  • Saat diminta untuk menginstal EA Download Manager, hilangkan centangnya alias jangan instal, dan lanjutkan, finish.
  • Buka regedit.exe, dan cari "hkey_local_machine\software\sims\the sims 3" untuk versi 32 bit atau "hkey_local_machine\software\wow6432node\sims\ the sims 3" untuk versi 64 bit, klik kanan SKU, pilih modify, ganti value data '7' jadi '2', Tutup registry editor dan lanjutkan.
  • Versi reloaded telah terinstal, saatnya mengubahnya ke versi final. Pertamax,  DOWNLOAD DULU FILENYA DISINI
  • Ekstrak menggunakan winrar, kalo benar agan akan mendapati file "01_sims3patch.exe dengan size 636 MB"
  • Jalankan file 01_sims3patch.exe dan jangan kaget kalo mendapati bahasa yang aneh, klik button yang ditengah dan akan muncul pilihan instal default ke "C:\Program Files\Sims 3", klik button disampingnya dan browse ke lokasi dimana agan menginstal the sims 3, untuk instalasi typical adalah: "Program Files\Electronic Arts\The Sims 3". Kalau sudah, klik button yang ditengah, dan lanjut.
  • Versi the sims 3 sekarang sudah setara dengan versi final tetapi masih harus dipatch ke versi terbaru (1.36.45.017002) untuk memudahkan instalasi Expansion Pack/Stuff Pack berikutnya. Langsung DOWNLOAD FILE PATCH BERIKUT
  • Install sampai selesai maka selesailah sudah installasi sahabat.
TANYA : Saya sudah install The Sims 3 versi RAZOR. Sekarang saya mau install Expantion Pack bagaimana caranya dan mulainya dari mana dan apakah boleh tidak berurutan ?

JAWAB : Kalau sudah install The Sims 3 versi RAZOR, update dulu ke versi 1.36.45.017002 seperti diatas lalu tinggal install Expantion Packnya, ngga berurutan juga ngga apa - apa hanya yang perlu diingat adalah bahwa setiap Expantion Pack punya patch masing - masing maka setiap selesai installasi expantion Pack jangan lupa untuk install patchnya...oke bro...

TANYA : Ketika saya mau install Expantion pack, kok muncul pesan error ini "Error with The Sims 3 Update. Setup is unable to continue"

JAWAB : Ini dikarenakan base game The Sims 3 belum terupdate menjadi versi RAZOR versi 1.36.45.017002 Cara installasinya tolong lihat diatas.

TANYA : Waktu ane nge-patch gamenya, kok muncul error "invalid file found", solusinya bagaimana itu gan?

JAWAB :
  • Kalo sahabat pernah nge-krack gamenya, balikin dulu file aslinya (un-krack) baru coba dipatch lagi.
  • Kalo sahabat udah nge-balikin file originalnya tapi masih error juga, ada kemungkinan patchnya yang rusak. Solusi yang paling baik adalah patch gamenya pake patch cumulative.
  • Kalo masih gagal juga, cek log errornya biar ketahuan masalahnya dimana. Caranya:
  • tekan windows key + R, ketik %temp%.
  • kalo dah terbuka, search rtpatch.log, dan urut berdasarkan tanggal.
  • buka di notepad, dan cari baris terakhir yang menunjukkan lokasi error saat proses patching.
TANYA :  Ane udah patch semua, tapi kenapa di Launcher versinya jadi 0.0.0.0?

JAWAB : Coba hapus file "version.tag" yang ada di "Documents/Eletronic Art/The Sims 3". Kalau masih begitu juga, coba pindahin folder DCCache dulu ke mana aja terserah agan. 

TANYA : Ane pas jalanin The Sims 3, kok launchernya nggak mau kebuka, gan? Muncul pesan gini nih "Sims3Launcher has encountered a problem and needs to close. We are sorry for the inconvenience. There was an error during startup. See the Log for more details."
JAWAB  : Pastikan patch yang diinstall berada di level yang sama.

TANYA : akhirnya ane berhasil install EP/SP nya gan, udah ane patch juga, cuma kok nggak bisa dimainin ya, muncul tulisan gini nih "No Game Disc Found. Please insert The Sims 3 Game Disc Before Procceeding" atau "we are unable to verify that your disc is a valid copy of the Sims 3 .... . Please contact customer service" atau "disk authentication failure"
JAWAB : Itu karena gamenya belum dikrack. Caranya nge-kracknya gimana?
  • Kalau the sims 3 base agan versinya 1.21 atau diatasnya, copy krack-nya (TS3W.exe dan TSLHost.dll) ke base game (instalasi default: C:\Program Files\Electronic Arts\The Sims 3\Game\Bin), tapi sebelum direplace, backup dulu file TS3W.exe dan TSLHost.dll yang aslinya untuk memudahkan proses un-krack di kemudian hari.
  • Kalau the sims 3 base agan di bawah versi 1.21, ane mau ngucapin turut berduka gan. Update ke versi terbaru dong! Tapi kalo agan ngotot juga, cara nge-kracknya adalah lihat EP/SP mana yang keluar terakhir sebelum EP Generation yang agan install, dalam hal ini urutannya adalah: EP World Adventure (WA) - SP High End Loft (HELS) - EP Ambitions - SP Fast Lane (FLS)- EP Late Night (LN) - SP Outdoor Living (OLS). Jadi, umpamanya yang agan instal terakhir adalah EP LateNight, krack (TS3EP03.exe dan TSLHost.dll) di-copy ke folder game "Program Files\Electronic Arts\The Sims 3 Late Night\Game\Bin". Jangan lupa mem-backup yang aslinya.
  • File CRACKnya silahkan LIHAT DISINI dan sesuaikan dengan Expation yang terinstall. Cara melihat versi: buka "...\Electronic Arts\...\game\bin\skuversion.txt"
  • Alternatif lain selain krack adalah menggunakan mini image. Caranya adalah cari dan unduh mini image yang sesuai dengan versi EP/SP urutan terakhir yang agan install. Mount pake software virtual disc (daemon tools lite, dlsb). File2 mini image bisa dilihat DISINI 
TANYA : Gan, saya sudah install semua Expansion Pack dan Stuff Packnya, gimana cara ngecek klo kesemuanya itu sudah benar-benar terinstall di komputer/laptop saya?

JAWAB : Buka dulu launchernya seperti ini


Kemudian lihat yang dikotakin warna merah, kalau disorot maka akan kelihatan versinya. Itu tandanya bahwa Expantion Packnya sudah terinstall dengan baik dan benar

TANYA : Waktu ane masuk ke game, tiba-tiba crash, dan nggak ada pesan apa-apa!
Jawab:
  • Coba delete 4 file cache (CASPartCache.package, compositorCache.package, scriptCache.package, simCompositorCache.package) yang ada di "Documents/Electronic Arts/The Sims 3.
  • Waktu ane maen, beberapa menit kemudian ko si game nya crash, trus bilang Stopped Working
    Jawab:

    coba setting compatibility game nya ke windows XP SP2 atau Windows XP SP3

  • File yang disetting compatibility:
    1.S3Launcher
    2.Sims3
    3.Sims3Launcher
    4.Sims3LauncherW
    5.TS3W
    6.TS3
  • Coba Custom Content (CC) dipindahin sementara, karena CC yang konflik sama script game akan menyebabkan game crash.
  • Coba setting DEP-nya, caranya lihat dibawah:
  1. Untuk setting windows xp, server 2003:
1. Buka system properties.
* go to start.
* then settings.
* then control panel.
* then open system.
2. Click on the advanced tab.
3. Click on the settings button for performance.
4. Click on the data execution prevention tab.
5. Centang "turn on dep for all programs and services except those i select:"
6. Cari file ts3xxxx.exe :
* ts3.exe under c:\program files (x86)\electronic arts\the sims 3\game\bin
* ts3ep01.exe under c:\program files (x86)\electronic arts\the sims 3 world adventures\game\bin
* ts3sp01.exe under c:\program files (x86)\electronic arts\the sims 3 high end loft stuff\game\bin
* ts3ep02.exe under c:\program files (x86)\electronic arts\the sims 3 ambitions\game\bin
* ts3sp02.exe under c:\program files (x86)\electronic arts\the sims 3 fast lane stuff\game\bin
begitu selanjutnya untuk ep/sp yang lain :d
7. Click ok.
8. Restart komputer.  
  1. untuk setting windows vista, windows 7, server 2008:
1. Open system properties.
# go to start.
# then control panel.
# then open system.
# click advanced system settings.
2. Dibawah performance, click settings.
3. Click data execution prevention tab, dan click "turn on dep for all programs and services except those i select".
4. Cari file ts3xxxx.exe (semuanya dari base, sp, ep):
# ts3.exe under c:\program files (x86)\electronic arts\the sims 3\game\bin
# ts3ep01.exe under c:\program files (x86)\electronic arts\the sims 3 world adventures\game\bin
# ts3sp01.exe under c:\program files (x86)\electronic arts\the sims 3 high end loft stuff\game\bin
# ts3ep02.exe under c:\program files (x86)\electronic arts\the sims 3 ambitions\game\bin
# ts3sp02.exe under c:\program files (x86)\electronic arts\the sims 3 fast lane stuff\game\bin
begitu selanjutnya untuk ep/sp yang lain :d
5. Click ok.
6. Restart komputer. 

UPDATE :

UNTUK KRACKNYA SELURUH VERSI DAPAT DILIHAT DISINI
YG INGIN MEMAKAI MINI IMAGE SILAHKAN KESINI
YANG PERLU FILE ORIGINAL (BELUM DI KRACK) BISA KESINI 



Cara Install Expantion Pack yang lain :
  1. Cara Install TS3 - High End Loft Stuff Expantion Pack
  2. Cara Install TS3 - Ambitions Expantion Pack
  3. Cara Install TS3 - Fast Lane Stuff Expantion Pack
  4. Cara Install TS3 - Late Night Expantion Pack
  5. Cara Install TS3 - Outdoor Living Expantion Pack
  6. Cara Install TS3 - Generations Expantion Pack
  7. Cara Install TS3 - Town Life Stuff Expantion Pack
  8. Cara Install TS3 - Pets Expantion Pack
  9. Cara Install TS3 - Master Suite Expantion Pack
  10. Cara Install TS3 - ShowTime Expantion Pack
  11. Cara Install TS3 - World Adventure Expantion Pack

51 komentar:

  1. Gan, kalo create a householdnya gabisa dibuka itu diapain ya? Soalnya udha nunggu lama sampe berjam2 gamau kebuka. Thanks

    BalasHapus
  2. Waktu ngeinstalnya udah dimasukin 2 disc tapi muncul lagi 'Please insert the correct disc' itu gimana ya?

    BalasHapus
  3. Maaf...mohon bantuannya segerah... Yang saya ingin tanyakan... Mengapa disetiap saya
    menjalankan sims dan saat mengganti baju kegaleri store baju... Selalu terhenti secara mendadak dan keluar dari destop... Padahal semua isi downlod sudah saya instal... Mohon segera dibalas... Karna saya bingung harus gmana... Segala cara sdh saya lakukan namun tetap saja keluar dari prmainan setelah prgi kesetelan baju... Trima kasih

    BalasHapus
  4. Gan, ane abis install pas masuk tempat rumah (gameplay) tiap mau ngelakuin aktivitas sims nye berubah taxi ? Gimana tuh ?

    BalasHapus
  5. halo, saya mau tanya nih. kira2 ada gak yang mengalami juga.

    icon the sims 3 saya udah diklik namun hanya berkedip aja alias gamenya gak mau jalan. terus saya uninstal dan instal lagi kejadian itu terjadi lagi. gimana ya solusinya?

    BalasHapus
  6. gan...ko the sims saya ga mau kebuka padahal udah selesai di instal. pasti muncul tulisan limit licence reached.....itu gimana ya cara ngebenerinnya??? thx gan

    BalasHapus
  7. gan kalo the simsnya ga bisa di mainin terus ga bisa di uninstall lewat cd atau pun control panel , caranya gimana?
    terus si launchernya ada tulisan not reach and reinstall

    BalasHapus
  8. permisi gan mau tnya ni, the sims gw sblmya stop working tuh, trus gw udh ikutin langkah2 di atas tuh, trus skrng gamenya jd macet gk mau di apa2in exit aja gk mau,, tolong donk gan solusinya thanks..

    BalasHapus
  9. Saya mau nanya.. kalo tiba2 sims saya suka bisa gabisa lewat, itu knp ya? Sims saya tiba2 terjebak di pinggir laut dan gabisa kemana2 pun.

    BalasHapus
  10. Gan bagi ilmu nya dikit donk sayakan baru beli dvd the sims 3 yg 2 disk itu dah ene instal tapi kok pas ane click sims3 launcher nya gag bsa ke buka ada pesan nya stop working itu kenapa y gan pdalan blum pernah di instal ep

    BalasHapus
  11. udah ikutin cara di atas tapi pas mau klik action atau pun naruh barang langsung stop working ?

    BalasHapus
  12. gan saya sdh msuk the sims 3 tapi pas loading tdk mucul gambar/ tulisan nya lalu game nya stop working gmna cara mengatasi nya

    BalasHapus
  13. saya selalu kalau main the sims kotanya ga ada, jadi cuma ikon tempatnya doang, itu kenapa ya?

    BalasHapus
  14. Gan , mau nanya kan saya udah instal game nya dari cd games yg ada 2 kaset terus saya buka tapi sims 3 blm kumplit jadi g bisa jadi vampire dan sebagainya dan ga bisa bikin hewan peliharaan sendiri knp y gan? Apa emang gitu kalo baru main blm pada kebuka ? Tolong jawabannya y gan

    BalasHapus
  15. Gan , mau nanya kan saya udah instal game nya dari cd games yg ada 2 kaset terus saya buka tapi sims 3 blm kumplit jadi g bisa jadi vampire dan sebagainya dan ga bisa bikin hewan peliharaan sendiri knp y gan? Apa emang gitu kalo baru main blm pada kebuka ? Tolong jawabannya y gan

    BalasHapus
  16. gan kok the sims 3 punya ane pas masuk ke main menunya kosong ga ada pilihan apa-apa,itu kenapa sih?

    BalasHapus
  17. Gann. The sims 3 saya selalu ngadat alias keras2 gitu. Itu kenapa yaa? Apa terlalu banyak install EP nya? Stlah pindah d new town baru bgt kak

    BalasHapus
  18. thanks bro, sangat membantu . main the sims lancar

    BalasHapus
  19. sangat membantu gan, berhasil 100% hehe makasih

    BalasHapus
  20. gan laptop ane abis ke backup, file the sims 3 semua ada lenglap tapi aplikasinya gaada, itu gimana ya???? tolongg

    BalasHapus
  21. gan kenapa saat saya instal gambar pada peta map buram/masih hitam semua, tapi saat di zoom jelas tuh. .

    BalasHapus
  22. Kak, the sims 3 saya sudah diupdate ke versi 1.36.45.017002 dan waktu mau saya mainkan malah tidak bisa. tertulis No Game Disc Found. Please insert The Sims 3 Game Disc Before Procceeding. sudah saya copy beberapa crack yg ada di laptop saya ke folder Bin instalan sims 3nya. tpi tak ngaruh apa-apa. tetap saya No Game Disc Found. Please insert The Sims 3 Game Disc Before Procceeding. tolong kasih saya dong kak supaya bisa main.

    BalasHapus
  23. saya juga mau tanya. plis dijawab. temen saya habis beli the sims 4 ori langsung di install di laptopnya bisa. kemudia saya minta filenya lewat harddisk. pas saya pindah kan ke laptop saya, saya langsung open filenya dan kemudian muncul kolom install dengan tulisan RUN dan tulisan "this file does not have a valid digital signature that verifies its publisher. you should only run software from publisher you trust". tp saya langsung klik RUN. setelah itu muncul kalimat "Runtime error (at-1:0) :Cannot import PARAMCOUNT"

    BalasHapus
  24. gan mau tanya, kalo create a householdnya gabisa kebuka udah nunggu ampe ber jam jam itu kenapa ya? awalnya ga gitu, tapi setelah download beberapa stuff dari TSR langsung ga bisa dibuka create a householdnya

    BalasHapus
  25. Kenapa ya pas saya buka di new games yang saya mau tulis create new Sims kan disuruh pilih town tapi gaada tulisannya gan , tlg jawab plis!

    BalasHapus
  26. Trimakasih gan akhirnya bisa.. Good job

    BalasHapus
  27. Mau nanya dong. Cara download expansi the sim 3 lewat ps3 gimana ya caranya?

    BalasHapus
  28. Gan link buat ganti ke razor ga bisa

    BalasHapus
  29. mau tanya dong waktu saya buka ts3.exe itu muncul kata "the application was unable tp start correctly (0xc000007b). click ok to close the application." padahal sebelum nya saya bisa main lancar lancar aja tapi kenapa jadi gini ya._. mohon bantuan nya yaa

    BalasHapus
  30. Gan kenapa ya setiap the sims saya mau pindah rumah selalu stuck saat loadingnya ? Jadi setelah milih rumah terus oke langsung loading dan gak selesai2

    BalasHapus
  31. gan mau tanya kalo map saya di the sims3 itu enggak muncul detailnya cuman kosongan putih kenapa ya gan ?

    BalasHapus
  32. saya udah install semua, tapi ketika mau loading hanya layar hitam dengan kursor the sims nya. padahal lagunya udah muncul, tapi gambarnya belum. itu gimana ya

    BalasHapus
  33. Cara offline ts3 gimana ya(bajakan). Padahal crack sdh di copy and replace. Tp masih tetap disuruh online ada "important message! The game needs access to the internet.. " ada yg bs bantu?? pls bantu jawab email ke hrd.vinci@gmail.com .. tq banget!!

    BalasHapus
  34. gan, the sims gue udah versi rozer tapi masih error mulu waktu install mod di launcher. kenapa ya? thanks gan

    BalasHapus
  35. Gan kok the simku pas habis tak update kok banyak ngeleknya ya padahal udah rekomended sistem prosesor duol core vga 2gb ram 2gb kok banyak ngelegnya pas habis di update

    BalasHapus
  36. Gan saya mau tanya, saya kan sebelumnya pernah instal the sims3 abis itu di uninstal. Nah sekarang saya coba instal lagi tapi gabisa. Gimana ya solusi nya?

    BalasHapus
  37. kok the sims saya ulang tahunya lama banget ya biasanyakan berganti hari pasti berkurang umurnya tapi ini sma sekali engga berkurang

    BalasHapus
  38. Ka mau nanya nih. Aku kan install the sims 3 ke pc yg windows 10. Udah di install dna berhasil. Tp pas mau play malah nanyain recode from email gtu. Dan harus di online dulu. Itu kenapa ya??

    BalasHapus
  39. gan saya lupa mau bilang apa

    BalasHapus
  40. Mau Nanya Neh Kalau Pemain Sim 3 Ku Nyankut Di Pagar Gimana Cara Nolongnya Yah

    BalasHapus
  41. Emang main the sims 3 harus login origin dulu yah?

    BalasHapus
  42. Gan saya buka launcher the sims 3 langsung keluar pesan error "The installation is incompleteband the sims 3 cannot run. Please reinstal and try again" solusi nya gimana ya? Terima kasih

    BalasHapus
  43. mas saya abis install terus registration codenya limit gitu di crack juga gak bisa. ada cara lain gak?

    BalasHapus
  44. Gan minta pencerahan nya, cara nambah item the sims 3 di ps 3 gimana yah?

    BalasHapus
  45. Gan saya kok gak bisa bikin ambrosia y? Dia gak kecantum di list menu pas diklik kulkas, padahal semua bahan sudah lengkap, sudah lvl 10 job scientist, skill juga sudah level 10 semua..knpa y? Apa masih ada yg kurang?

    BalasHapus